Powered by Blogger.

Mengatasi Bunyi Beep pada Laptop



Pernahkah sobat CU mengalami masalah pada laptop/notebook yang terus-terusan mengeluarkan bunyi beep panjang saat dinyalakan? Kalau pada pc tentu sangat mudah dan gampang mengatasinya. Kejadian ini pernah di alami pada sahabat saya beberapa waktu lalu. Saya pikir hal itu terjadi karna ada hardware yang kendur atau pemasangan hardware yang kurang pas pada posisinya.

Saya coba masuk bios kemudian sambil memeriksa spesifikasi laptop, saya coba menekan tiap tombol keyboard dan selanjutnya, saya ubah setting default lalu saya tekan enter, dan Jrenggg!! apa yang terjadi, ternyata saat saya menekan tombol enter untuk keluar dari bios, laptop tidak merespon. Dan dari sinilah analisa permasalahan ku dapatkan. 

Akhirnya saya pergi ke dapur untuk mempersiapkan peralatan untuk tempur malam itu... 
Peralatan yang musti di siapkan :

1. Satu gelas air panas
2. Satu sachet kopitorabika MOKA
3. Sampoerna mild tentunya
4. Pikiran yang kuat untuk selalu sehat meski begadang sampe larut malam he.. (Lebay dikit JOSS..!!)

Okeh, kita lanjut ke tahap bongkar-bongkarnya :

1. Buka batteraynya














2. Buka cover hardisknya kemudian tarik perlahan hardisknya














3. Buka ram












4. Mengeluarkan DVD room














5. Pada bagian bawah batteray buka 3 secru keyboard














6, Mengeluarkan keyboard ddan tarik pin cable keyboard. hati-hati karena cable ini sangat sensitif





























7. Cabut cable switch dan cable LED switch















8. Lalu cabut cover seperti dibawah ini














9. Nah disamping pojok kanan atas ada 2 scrup pengunci dudukan keyboard, buka dan awas disarankan untuk berhati-hati jangan sampai kabel patah.

Setelah semua terbuka barulah kita bersihkan dari debu yang menempel. congkel tombol keyboard yang bermasalah tadi, kemudian bersihkan bagian karet yang menempel pada tombol tersebut dan coba pasang kembali. Pasang batteray, ram dan hardisk tapi jangan di tutup dulu/scrup karena sekedar memastikan apakah yang sudah kita lakukan sudah berhasil.

Trik diatas pernah saya lakukan pada laptop campaq presario v3000 milik sahabat saya dan alhamdulilah berhasil laptop kembali normal.

Selamat Mencoba Semoga...


0 Komentar untuk "Mengatasi Bunyi Beep pada Laptop "

Popular Posts

Back To Top