Powered by Blogger.

Rahasia Hati


Hati dimiliki oleh setiap insan juga oleh hewan, kalau dilihat secara jasad hati manusia tersimpan di dalam rongga tubuh. Tetapi kalau dilihat dengan mata batin dimana hati itu tersimpan?

Hati memiliki tingkatan-tingkatan yang dibedakan oleh kata dan makna yang dimilikinya.

1. Perasaan

Perasaan merupakan tingkatan hati yang paling atas atau paling dangkal.
Kenapa perasaan dikatakan tingkatan hati yang paling dangkal? Karena perasaan bagian hati yang paling mudah dirasakan oleh manusia. Perasaan adalah bagian hati yang paling mudah terpengaruh oleh penglihatan, pendengaran, bahkan oleh setan.

2. Nurani

Nurani merupakan tingkatan hati satu tingkat lebih dalam dari perasaan.
Mengapa nurani berada pada tingkatan ini? karena nurani mampu menyaring, membedakan mana yang baik dan mana yang buruk sehingga tidak jarang antara keinginan perasaan hati kita tidak sejalan atau tidak sesuai dengan hati nurani.

3. Lubuk

Lubuk adalah merupakan tingkatan hati yang paling dalam.
Lubuk berada di tingkatan yang paling dalamadalh bagian hati yang paling bersih, dari sinilah dari bagian hati yang paling dalam ini keluarnya ketulusan, keikhlasan, dan sabar. Kita bisa menyayangi dan bisa mengasihi, kita bisa beribadah dengan khusu, dan kita bisa sabar.

Jadi bagai mana kita selanjutnya?

Hati adalah bagian yang paling lembut yang paling halus yang dimiliki oleh manusia maka peliharalah hati kita jangan sampai dikotori yang pada akhirnya ternodai oleh keinginan-keinginan serta napu belaka. Karena hanya dengan hati yang bersih, hati yang tulus serta ikhlas hidup kita akan tenang segala usaha kita akan menjadi ibadah.
0 Komentar untuk "Rahasia Hati"

Popular Posts

Back To Top